Senin, 09 Oktober 2017

KREATIVITAS 4P

PENGERTIAN KREATIVITAS 4P

I.                   PENDAHULUAN

Pengertian Kreativitas 4 P (Produk, Proses, Pendorong, dan Pribadi)

      Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk ciri-ciri aptitude maupun non aptitude, baik dalam karya maupun kombinasi dengal hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Kreativitas manusia melahirkan pencipta besar yang mewarnai sejarah kehidupan umat manusia dengan karya-karya spektakuler.

      Menurut Alfred North Whitehead kreativitas untuk menunjukan suatu daya di alam semesta yang memungkinkan hadirnya entitas aktual yang baru berdasarkan entitas aktual yang baru.

      Menurut Clark kreativitas merupakan ekspresi tertinggi keterbakatan dan sifatnya terintegrasikan, yaitu sintesa dari semua fungsi dasar manusia yaitu: berfikir, merasa, menginderakan dan intuisi.

Definisi Kreativitas 4 P (Product, Process, Press, and Person)

1.      Produk (Product)
Definisi produk kreativitas menekankan bahwa apa yang dihasilkan dari proses kreativitas adalah sesuatu yang baru, orisinil, dan bermakna

2.      Proses (Process)
Ditinjau sebagai proses, menurut Torrance (1998) kreativitas adalah proses merasakan dan mengamati adanya masalah, membuat dugaan tentang kekurangan (masalah) ini, menilai, dan menguji dugaan atau hipotesis, kemudian mengubah dan mengujinya lagi, dan akhirnya menyampaikan hasil-hasilnya.

3.      Pendorong (Press)
Ditinjau dari aspek pendorong kreativitas dalam perwujudannya memerlukan dorongan internal maupun eksternal dari lingkungan.

4.      Pribadi (Person)
Ditinjau dari aspek pribadi, kreativitas muncul dari interaksi pribadi yang unik dengan lingkungannya.

Faktor pribadi yang kreatif menurut Roger (dalam Afifa, 2007) :
-          Keterbukaan kepada pengalaman
-          Kemampuan untuk memberikan penilaian secara internal sesuai dengan lokus pribadinya

-          Kemampuan untuk secara spontan bereksplorasi bermain debgab elemen-elemen dan konsep-konsep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar