Rabu, 11 Januari 2017

TES PSIKOLOGI ONLINE

TES MBTI - ANTHONY KUSUMA

Tes MBTI adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur kepribadian dalam konteks preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI didasari pada jenis dan preferensi kepribadian dari Carl Gustav Jung, yang menulis Psychological Types pada tahun 1921 MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. 
Dalam Tes MBTI ini, ada 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia: 
1. Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs. Ekstrovert (E)
2. Dimensi memahami informasi dari luar : Sensing (S) vs. Intuition (N)
3. Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
4. Dimensi pola hidup : Judging (J) vs. Perceiving (P)
Dalam penjelasan saya kali ini, saya akan membahas tes MBTI yang dikembangkan oleh Anthony Kusuma yang dapat anda akses secara online dengan mengunjungi website berikut : http://mbti.anthonykusuma.com/

(https://id.linkedin.com/in/anthonykusuma dan https://anthonykusuma.com/) Anthony Kusuma adalah seseorang yang berpengalaman dalam bidang web developer dll, beliau juga lulusan dari STMIK Dharma Putra dengan gelar Bachelor of Computer Science, Computer Science. Anthony Kusuma membuat sebuah web untuk tes MBTI online dengan tujuan untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Tes ini juga dipakai untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal.

CARA MENGERJAKAN
1. Cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan yang benar-benar sesuai dengan keadaan diri anda dan pastikaan kondisi mood anda sedang bagus agar hasil yang diperoleh lebih spesifik. 
3. Lalu mulailah mengerjakan soal-soal yang telah ada, dengan memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan diri anda.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF

Dampak positif dari tes psikologi online adalah kita dapat melihat gambaran bagaimana contoh soal dan bagaimana cara mengerjakan tes psikologi. Kita juga dapat berlatih mengerjakan soal tes psikologi tanpa harus mengeluarkan biaya banyak, namun hasil dari tes ini belum tentu akurat maka sebaiknya pengguna tes psikologi online hanya menjadikan tes ini sebagai bahan untuk berlatih dan tidak terlalu mempercayai hasil dari tes psikologi online ini. dampak negatif dari tes psikologi online ini adalah soal tes psikologi online ini belum tentu yang membuat adalah seorang psikolog sehingga kemungkinan besar soal di manipulasi atau tidak sesuari dengan ilmu psikologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar